Saturday, July 1, 2017

Xiaomi redmi note 4 chipset Helio mediatek vs qualcomm snap dragon mana yang lebih baik?

Saat ini xiaomi sudah mengeluarkan variant terbaru yaitu xiaomi redmi note 4, ada 2 macam kategori xiaomi redmi note 4, yaitu yang menggunakan Chipset Mediatek Helio X20 dan yang satu lagi menggunakan chipset qualcomm Snapdragon 625.


Hadirnya dua jenis chipset pada peragkat degan versi sejenis akan membuat pengguna bingung untuk memilih, setidaknya akan mempertimbangkan mana yang lebih baik diantara kedua chipset tersebut. apakah xiaomi dengan chipset helio mediatek atau xiaomi cualcomm snap dragon.

Jika dilihat dari history, jelas chipset qualcomm snap dragon, memiliki pengalaman yang jauh sehingga tidak heran dari sisi fitur dan teknolgi chipset cualcomm snap deragon jauh lebih mumpuni jika dibandingkan dengan chipset helio mediatek yang terbilang sebagai sebuah chipset yang masih sangat baru di dunia perangkat mobile.

Xiaomi redmi note 4 chipset Helio mediatek vs qualcomm snap dragon mana yang lebih baik?


Dulu saya sebelum memutuskan untuk membeli xiaomi redmi note 4, memang dibingungkan ketika dihadapkan untuk memilih 2 kategori chipset ini, namun akhirnya saya memutuskan memilih redmi note 4 dengan chipset mediatek dengan alasan keterbatasan dana pada waktu itu, tanpa memikirkan kelebihan dan kekurangannya,  karena xiaomi redmi note 4 dengan chipset mediatek sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan xiaomi redmi note 4 yang menggunakan chipset cualcomm snap dragon.

Walupun dari awal saya sudah diwanti-wanti oleh teman yang memahami masalah perangkat smartphone, bahwa mediatek rumornya cepat panas, saya memberanikan diri untuk membelinya dan mengunakannya sampai sekarang dengan rasa puas karena ternyata tidak seburuk apa yang rumorkan.

Tapi jika dilihat mana yang lebih bagus antara xiaomi redmi note 4 yang menggunakan chipset mediatek atau qualcomm snap dragon. untuk itu saya akan coba menguraikan perbandingan kedua chipset tersebut terutama untuk xaiaomi redmi note 4.

Xiaomi redmi note 4 chipset Helio mediatek vs qualcomm snap dragon mana yang lebih baik?

Untuk membandingkan kedua perangkat berbeda chipset tersebut saya akan menggunakan ukuran  skor antutu banchmark dengan hasil sebagai berikut:

Namun perlu  diingat, bahwa benchmark skor tidak dapat benar-benar 100 persen mencerminkan kinerja chipset sebenarnya, benchmark skor memang dipercaya dan sering dijadikan alat ukur mana lebih unggul diantara kedua chipset yang berbeda.

Sisi kinerja kecepatan processor

Untuk kinerja kecepatan processor berdasarkan hasil yang diinformasikan oleh antutu benchmark, yang menjadi pemenangnya adalah xiaomi redmi note 4 dengan chipset mediatek, dengan hasil seperti gambar di bawah ini:


Jelas kelihatan jauh berbeda chipset helio x20 sepertinya jauh lebih unggul dibandingkan dengan snapdragon 625, ini menunjukan helio lebih cepat secara kinerja apalagi didukung dengan memory 3GB, membuat perangkat semakin handal saja.

Selain itu, untuk analisa ukuran efesiensi  kerja Xiaomi redmi note 4 dengan chipset Snapdragon 625 yang didukung 8 CPU-Core bersamaan dengan proses manufaktur 14nm, membuat baterai 4100mAh jika diamati secara kasat mata, sepertinya akan lebih awet  Snapdragon. Namun sesuai perhitungan, MediaTek Helio X20 yang dilengkapi dengan tri-cluster architecture dan 20nm proses manufaktur, membuat kedua perangkat beda chipset tersebut sama-sama efisien.

Perbandingan Harga Xiaomi redmi note 4 chipset helio mediatek vs qualcomm snapdragon

Mengenai perbandingan harga, ternyata dipasaran chipset qualcomm snap dragon lebih mahal jika dibandingkan dengan xiaomi redmi note 4 dengan chipset helio mediatek. walaupun jika dilihat dari kinerja processor lebih unggun xiaomi redmi note 4 dengan chipset helio mediatek.

Yang membuat mahal kemungkinan besar dari qualitas kedua chipset tersebut, memang banyak yang beranggapan bahwa qualcomm senap dragon lebih baik memiliki daya tahan apalagi chipset yang satu ini merupakan chipset yang sudah berpengalaman yang banyak digunakan oleh merk-merk hp terkenal yang merajai pasar penjualan dunia. sdangkan mediatek masih dianggap sebagai chipset baru yang sedang mengembangkan sayapnya untuk membuktikan dan berperan sebagai chipset terbaik.

Untuk harga xiaomi redmi note 4 sebagai berikut:
Xiaomi redmi note 4 yang menggunakan chipset qualcomm snapdragon dibandrol dengan harga kisaran 2,5 juta, sedangkan yang menggunakan chipset helio mediatek diandrol dengan harga 2,2 juta, perbedaannya kurang leih hanya 2 ratusan lebih atau kurang.

Temparatur

Dari awal ketika saya memutuskan ingin membeli hp xiaomi redmi note 4, saya sempat mendapatkan rumor bahwa smartphone dengan chipset mediatek memang dikabarkan cepat panas jika dibandingkan dengan xiaomi yang menggunakan chipset qualcomm snap dragon, bahkan jauh ketika masa chipset intel pun qualcomm paling banyak direkomendasikan karena perangkat dengan chipset qualcomm dikenal tidak membuat perangkat cepat panas.

Itu memang benar, seperti yang pernah saya sebutkan di artikel sebelumnya mengenai 5 kelemahan xiaomi redmi note 4 mediatik, salah satunya disebutkan bahwa memang benar setelah menjadi pengguna xiaomi redmi note 4 chipset mediatek, hp sangat mudah panas, dan naiknya temperator terkadang membuat baterai boros.

Tapi permasalahan temperatur pada xiaomi redmi note 4 dan juga permasalahan lainnya dapat teratasi setelah melakukan update xiaomi miui ke versi 8.2.1.0, perangkatpun menjadi lebih stabil tidak mudah panas dan bateraipun cukup awet.

Xiaomi redmi note 4 layak untuk dibeli

Swerr deh gan, setelah menjadi penggunanya beberapa bulan dan setelah melakukan update miui ke versi 8.2.1.0, saya pribadi semakin puas dengan kinerja xiaomi redmi note 4 milik saya, walaupun perangkat masih menggunakan chipset mediatek, bug dan juga permasalahan ketika pertama membelinya juga saat ini sudah hilang, perangkat menjadi stabil, baterai cukup awet, tidak mudah panas dan bug-bug yang awalnya saya alami yang sempat membuat saya ingin membating hp tersebut dan ingin menjualnya kembali sudah clear, dan hp semakin ok.

Jadi untuk anda yang memiliki keinginan ingin membeli hp xiaomi redmi note 4 saya sangat rekomendasikan, bagus dan cukup memuaskan, namun hati-hati jangan sampai salah pilih jenis rom xiaomi (pilih rom global official), dan jangan sampai salah pilih garansi produk, pilih garansi resmi jika ada,  jika punya cukup dana saya lebih menyarankan memilih produk xiaomi dengan qualcomm snapdragon, agar kinerja hp anda lebih mantap, secara gitu lho.. chipset qualcomm snap dragon benar-benar sudah terbukti handal.

Untuk anda yang ingin membelinya baik baru atau bekas, setidaknya anda bisa baca mengenai 4 tips penting sebelum membeli hp xiaomi agar anda tidak dirugikan, hati-hati saja gan, karena produk xiaomi ini sedikit berbeda dengan merk hp kebanyakan, jika kurang informasi anda kemungkinan bisa kecewa.

Itulah sekelumit informasi mengenai perbandingan Xiaomi redmi note 4 chipset Helio mediatek vs qualcomm snap dragon, untuk mengetahui mana yang lebih baik, silahkan pertimbangkan saja.

2 comments

Gan, knapa yaa redmi note 4 sy, wktu charge ny sngat lama. walaupun saat charge hp ny sdh dimatikan ? mohon saran ny gan

Pastikan menggunakan charger yang ori bawaan gan, hp sangat lama bisa jadi penyebabnya karena charger, coba ganti dengan charger lain, apakah kendala masih sama.

Jika masih sama kemungkinan jalur charger hp xiami agan ada yang longgar, atau mungkin ic charger hp agan kurang kenceng

Referensi tentang kerusakan baterai bisa di baca di:
http://bincangandroid.blogspot.com/2018/02/mengenali-kerusakan-pada-baterai-hp.html

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon