Friday, April 28, 2017

Cara Menonaktifkan Apdate Otomatis pada sistem android setiap kali Terhubung ke Wifi

Aplikasi android yang terinstal di perangkat android biasanya selalu ada pembaharuan, jika ada pembaruan beberapa aplikasi akan meminta anda untuk mengupdatenya ketika anda membuka aplikasi tersebut dan beberapa aplikasi lainnya memberikan pilihan apakah ingin mengupdatenya atau tidak, sedangkan aplikasi lainnya tidak ada notifikasi apa-apa. Namun pada umumnya update biasanya akan otomatis berjalan setiap kali hp terhubung ke jaringan wifi, biasanya ini adalah setingan default di setiap perangkat andaroid.

Update otomatis pada aplikasi android biasanya akan berjalan dan melakukan update untuk semua aplikasi yang terinstal jika memang aplikasi tersebut sudah ada updatenya, baik aplikasi game maupun aplikasi lainnya, jika yang diupdate hanya sedikit tentu tidaklah menjadi masalah, namun jika sudah ratusan aplikasi yang secara otomatis melakukan update ketika hp terhubung ke wifi jelas akan mengganggu kinerja hp. kecuali memang anda sengaja menghubungkan hp ke wifi untuk mengupdate aplikasi yang terinstal, tentu tidak akan dianggap suatu masalah.

mematikan update otomatis di sistem android


Update otomatis untuk beberapa kasus memang sedikit mengganggu karena akan mempengaruhi kinerja hp, bahkan tidak jarang bisa menyebabkan hp panas, jika anda tidak menginginkannya, maka  untuk mengatasinya anda harus mengatur setingan android untuk menonaktifkan atau mematikan fitur update otomatis agar hp tidak melakukan update otomatis ketika terhubung ke wifi.

Caranya sebenarnya sangat mudah sekali, namun untuk orang awam yang belum kenal sistem android jelas akan sedikit kebingungan bagaimana cara mengatur setingan tersebut, oleh karena itu di artikel kali ini saya ingin membahas bagaimana cara mematikan / menonaktifkan fitur update otomatis pada perangkat android ketika terhubung ke wifi, agar hp tidak melakukan update otomatis.

Cara Mematikan Update Otomatis pada Sistem android setiap kali Terhubung ke Wifi

Jika anda mengiginkan hp android anda tidak melakukan update otomatis setiap kali terhubung ke perangkat wifi, maka anda harus menonaktifkan fasilitas tersebut di perangkat hp android anda, untuk caranya anda bisa mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini:

1. Aktifkan hp android anda.

2. Buka Aplikasi google playstore.

3. Pada halaman aplikasi google playstore, tekan tombol menu (gambar tiga garis yang letaknya di pojok kiri atas). Kemudian silahkan pilih menu Settings (icon bergambar roda gigi), sehingga akan muncul menu seperti gambar di bawah ini:

Pengaturan/settings pada google play store


4. Pada halaman settings, tap Menu auto-update apps, pada dialog yang muncul kemudan pilih menu :Do not auto-update apps

Dengan setingan di atas, setiap kali hp android anda terhubung wifi maka tidak akan melakukan update otomatis.


Tapi kalo auto update nonaktif bagaimana jika nanti saya ingin melakukan update Aplikasi?

Walaupun update otomatis di nonaktifkan, anda tetap bisa melakukan update secara manual jika diperlukan, yaitu dengan cara memilih update aplikasi-aplikasi yang memang anda ingin update, untuk melakukan update manual, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi google play store

2. Pilih dan klik menu garis 3 di pojok kiri atas

3. Pada menu yang muncul pilih menu My apps & games,


Nanti akan keluar daftar aplikasi yang harus di update beserta tombol updatenya, jika ingin di update pilih saja aplikasinya lalu tekan saja tombol update di samping kanannya.



Itulah cara menghentikan pembaruan otomatis pada aplikasi android ketika dihubungkan ke jaringan wifi, dengan cara di atas maka hp android anda tidak akan lagi melakukan update otomatis, semoga bermanfaat.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon