Wednesday, April 26, 2017

#2 Cara instal Google Playstore di ponsel XIAOMI ROM Cina

HP xiaomi yang beredar di indonesia terdiri dari berbagai versi rom / firmware, rom ini biasanya sangat menentukan aplikasi bawaan yang terinstal dan bahkan dapat mempengaruhi kinerja ponsel itu sendiri,  jadi anda jangan heran jika di aplikasi bawaan ponsel xiaomi ternyata tidak ada aplikasi google playstore dan aplikasi google lainnya, kemungkinan besar hp xiaomi anda memiliki ROM cina official, ini banyak sekali di alami oleh pengguna xiaomi, karena beberapa alasan mereka mendapatkan xioami dengan rom cina official, walhasil tidak terdapat aplikasi google playstore dan aplikasi pendukung google lainnya. padahal di indonesia sendiri aplikasi tersebut adalah yang paling familiar dan sangat penting untuk menunjang kinerja ponsel.

Instalasi google playstore xiaomi


Memang jika hp xioami memiliki rom cina maka tidak akan ada aplikasi google, dan bahasa yang bisa dipilihpun hanya bahasa cina dan bahasa inggris, itu dikarenakan hp tersebut sebenarnya diperuntukan untuk masyarakat cina saja, namun begitu jika anda sudah terlanjut memiliki hp xiaomi dengan rom cina dan anda menginginkan di hp tersebut terdapat aplikasi google seperti google play game, google playstore, google playservice dan aplikasi google lainnya, maka anda masih bisa menginstal aplikasi bawaan google tersebut secara manual.

Karena ternyata masih bnayak sekali pengguna xiaomi yang belum mengetahui cara menginstal google play store pada hp xiaomi miliknya, maka di artikel kali ini saya akan uraikan bagaiamana cara menginstal aplikasi googleplaystore dan aplikasi bawaan google lainnya di perangkat xiaomi anda yang kebetulan belum terinstal google playstore di dalamnya.

Cara instal Google Play store di ponsel XIAOMI ROM Cina

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menginstal aplikasi google play store bisa secara manual dan bisa menggunakan alat dari pihak ke 3, untuk anda saya akan uraikan caranya satu-persatu.

Cara #1 : Instal Google playstore secara manual melalui file APK

Cara pertama yang dapat anda tempuh untuk menginstal aplikasi google play pada xiaomi anda adalah dengan cara manual. cara ini cocok jika pada hp rom cina xiaomi anda belum terinstal mi store.

Untuk menginstal aplikasi google playstore pada perangkat xiaomi anda langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Download aplikasi google installer apk, lalu copy dan simpan di memory internal hp xiaomi anda. 

2. Nonaktifkan pilihan unknown resource di hp xiaomi anda agar instalasi file apk yang bukan dari google playstore dapat diinstal, caranya masuk ke halaman setelan / settings, lalu pilih menu schurity, kemudian aktifkan pilihan unknown resource / sumber tidak dikenal., atau untuk beberapa versi xiaomi bisa diaktifkan melalui menu setelan /setting  pengaturan tambaha / additional settings lalu aktifkan pilihan unknown resource. Kurang lebih akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

unknown resource xiaomi


3. Setelah itu silahkan klik file google_instaler apk yang sudah anda download dan anda simpan pada perangkat android anda, ikuti tahapan instal sampai selesai. kurang lebih akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Google installer playstore

4. Setelah google instaler berhasil diinstal, sekarang silahkan anda buka hasil instalasi google play, selanjutnya anda akan diminta untuk menginstal google play service

google installer play services

5. Setelah instalasi selesai silahkan anda restart xiaomi anda, kemudian buka lagi google playstore yang sudah terinstal, anda biasanya akan diminta untuk login, silahkan gunakan akun email gmail yang anda miliki, ikuti tahapannya sampai selesai.

Sampai tahap 5 di atas seharusnya google playstore sudah bisa berjalan, namun terkadang muncul kendala google playstore tidak bisa digunakan untuk instal aplikasi, setiap kali ingin menginstal aplikasi dari google playstore, terkadang muncul informasi menunggu download atau pesan lainnya yang menyebabkan instalasi tidak berjalan, jika permasalahan ini muncul maka silahkan baca cara mengatasinya pada artikel di bawah ini:

Mengatasi xiaomi yang tidak bisa instal aplikasi dari google playstore

Cara #2 Instal google playstore melalui Mistore

Cara kedua yang dapat anda tempuh untuk menginstal google playstore pada hp xiaomi dengan rom cina anda adalah melalui mi store, ini bisa anda gunakan jika di hp xiaomi anda sudah terinstal aplikasi mi store. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi mi store pada perangkat xiaomi anda, untuk pertama kali biasanya anda akan diminta untuk login, jika anda belum punya akun mi, maka silahkan buat akun terlebih dahulu, anda dapat membuatnya menggunakan aplikasi mi store tersebut.

2. Setelah masuk, lalu lakukan pencarian ketikan saja google installer, biasanya akan muncul ikon google berwarna merah, namun dengan bahasa cina, anda lihat saja yang ikonnya seperti gambar di bawah ini:

Menginstal aplikasi google instaler via mi store

3. Silahkan instal, setelah instal maka aplikasi google instaler akan terinstal di xiaomi anda, silahkan buka aplikasi tersebut (ikonnya mirip google playservice), nanti anda akan diminta untuk menginstal google playstore dan google playservice, silahkan ikuti langkah-langkah instalasi sampai selesai.

Jika berhasil maka google playstore akan terinstal dan siap digunakan di hp anda, silahkan jalankan aplikasi google playstore yang sudah anda instal, lalu login dengan menggunakan akun gmail anda, ikut langkah-langkahnya sampai google playstore aktif dan siap digunakan.

Pastikan anda bisa menginstal aplikasi android melalui google playstore, silahkan coba untuk menginstal aplikasi, jika instalasi tidak berjalan maka cara mengatasinya anda bisa baca di artikel di bawah ini:
Mengatasi xiaomi yang tidak bisa instal aplikasi dari google playstore

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon