Sunday, May 7, 2017

Mengenal apa itu root android, kelebihan serta kekurangannya!

Berhubung banyak pertanyaan terkait dengan istilah root android, maka di artikel kali ini saya ingin menjelaskan tentang apa itu root android, kenapa android harus di root apa kelebihan dan kekurangannya?. istilah root android sebenarnya bukanlah istilah asing dikalangan para pengguna android, terutama yang suka ngoprek dengan android, namun anda mungkin belum mengenalnya secara terperinci, semoga dengan membaca artikel ini anda jadi paham tentang apa itu root android!.

Root android sebenarnya berkaitan dengan pengguna yang memiliki akses terhadap sistem android. perlu diketahui bahwa biasanya sebuah sistem terkomputerisasi termasuk sistem operasi android, memiliki beberapa kategori level pengguna yang memiliki hak ases yang berbeda-beda, ada pengguna dengan level end user (pengguna murni), ada pengguna dengan kategori administrator atau disebut juga sebagai super user atau admin.

Mengenal apa itu root android kelebihan serta kekurangannya


Pengguna yang dikategorikan sebagai end user atau pengguna terakhir biasanya pengguna yang tidak paham sama sekali terhadap sistem android dia hanya diberi akses terbatas, cukup hanya akses untuk menggunakan saja tanpa bisa memodifikasi dan oprek sistem secara dalam, sedangkan pengguna yang diktegoriakan sebagai administrator dia adalah pengguna yang memiliki hak akses penuh terhadap sistem, dia bisa memodifikasi sistem secara penuh, pengguna yang memiliki akses sebagai administrator salah satunya adalah si pembuat sistem itu sendiri atau teknisi yang diberi tanggung jawab untuk mengembangkan sistem android.

Memahami Apa itu Root Android?

Di sisitem ponsel android yang tersebar di pasaran, seting pabrikan untuk pengguna adalah end user, dan pengguna untuk level adminstrator biasanya sengaja dalam keadaan dikunci,  jadi konsumen memang diberi akses hanya sebagai pengguna murni saja tanpa bisa mengobrak-abrik sistem atau memodifikasi sistem secara penuh.

Karena banyaknya pengguna yang merasa dibatasi hak aksesnya, banyak pengguna yang mencoba merubah memodifikasi sistem android dengan berbagai cara agar bisa membuka akses administrator, sehingga bisa  menjadi pengguna dengan level administrator yang memiliki hak ases penuh, cara ini di dunia android disebut root android dan di dunia iphone disebut dengan jailbreak.

Jadi jika disimpulkan root android adalah upaya yang dilakukan oleh pengguna untuk memodifikasi sistem android  agar dapat membuka kunci level pengguna, sehingga si pengguna tersebut memiliki level sebagai administrator yang memiliki akses secara penuh terhadap sistem android miliknya.

Kelebihan dan kekurangan Root Android ?

Saya harap setelah membaca uraian di atas anda paham apa itu root android. anda mungkin bertanya kenapa banyak orang yang menginginkan ponselnya di root?, memang sampai saat ini banyak orang yang menigninkan ponselnya di root alasannya adalah mereka menginginkan pakses penuh terhadap android miliknya sehingga bisa melakukan apapun terhadap sistem android miliknnya.

Namun selain memiliki kelebihan, root android ini juga sebenarnya banyak memiliki kekurangan, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan root android secara lebih lengkap adalah sebagai berikut:

Kelebihan Melakukan Rooting pada Ponsel android

Berikut adalah kelebihan terhadap android yang di root oleh pengguna:
  1. Kemampuan mengkustomisasi tema secara penuh, yang berarti bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan tema dapat diubah seperti warna indikator baterai, tampilan dialer atau daftar kontak, serta video yang diputar saat boot up perangkat Android.
  2. Kontrol penuh dari CPU dan kernel sehingga pengguna dapat melakukan Overclock prosesor perangkat Android sehingga kinerja ponsel menjadi lebih maksimal.
  3. Anda akan memiliki akses penuh tak terbatas pada sistem operasi Android yang mana user dengan hak akses 'root' dapat dengan leluasa melakukan pengubahan apapun layaknya developer.
  4. Dapat menghapus aplikasi bawaan vendor yang tidak diinginkan oleh pengguna maupun menambah aplikasi yang tidak disertakan oleh developer Android.
  5. Pengendalian aplikasi lengkap, termasuk melakukan backup aplikasi dan sistem, pemulihan sistem, sehingga ketika ingin melakukan instal ulang atau factory reset, pengguna tidak perlu mencari dan mengunduh lagi.
  6. Dapat mengubah tampilan melalui instalasi custom ROM atau bahkan memutakhirkan ke versi yang lebih tinggi sehingga pengguna yang memiliki kemampuan di bidang developing dapat membuat versi Android secara personal.
  7. Dapat memasang aplikasi-aplikasi android yang dikhususkan untuk perangkat hp android yang sudah di root.

Kekurangan HP Android yang di ROOT

Selain memiliki kelebihan, hp android yang di root juga memiliki kekurangan yaitu sebagai berikut:

  • Menghilangkan / membatalkan garansi produk perangkat Android. jadi pikirkan lagi untuk meroot android anda jika kondisinya masih dalam masa garansi.
  • Penyalahgunaan hak akses root dapat menyebabkan malfungsi pada perangkat Android.
  • Tweaking yang berlebihan dapat menurunkan kinerja sistem Android.


Saya harap dengan membaca kelebihan serta kekurangan di atas anda bisa mempertimbangkan, apakah hp anda layak untuk di root atau tidak, jika memang diperlukan silahkan saja di root yang penting anda sudah siap dengan segala resikonya yang bisa terjadi terhadap hp android anda.

Root memang bukan upaya ilegal mengingat sistem operasi android adalah sistem operasi open source yang bebas untuk dimodifikasi dan dikembangkan, alasan pabrik hp tidak membuka pengguna administrator ini karena untuk keamanan sistem itu sendiri, jika anda sudah paham dengan sistem android saya kira root android bisa menjadi salah satu pilihan.

Semoga dengan artikel di atas anda sekarang dapat memahami dan mengenal apa itu root android, juga kelebihan dan kekurangannya lengkap, semoga bermanfaat.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon